MUSYAWARAH CABANG PIMPINAN CABANG PEMUDA MUHAMMADIYAH DAN NASYIATUL 'AISYIYAH BANGUNTAPAN UTARA

 Banguntapan, 17 Jumadil Akhir 1445 H (31 Desember 2023)


#KABARORTOM - Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah dan Pimpinan Cabang Nasyiatul 'Aisyiyah Banguntapan Utara menyelenggarakan Musyawarah Cabang (Musycab) bersama. Musycab yang diselenggarakan di SMP Muhammadiyah Banguntapan pada hari Ahad 31 Desember 2023 mengusung tema "Sinergi Dakwah untuk Perubahan Banguntapan Utara yang Berkemajuan".

                                   

Pembukaan Musycab dihadiri oleh PCM dan PCA Banguntapan Utara, serta PDPM dan PDNA Bantul. Sedangkan peserta Musycab terdiri dari Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Banguntapan Utara, Pimpinan Cabang Nasyiatul 'Aisyiyah Banguntapan Utara, serta perwakilan dari Remaja Masjid di wilayah Banguntapan Utara.

                             

PCM memberikan sambutan sekaligus memberi motivasi kepada generasi muda berdasarkan Q.S. Ash Shaaf ayat 10 - 12 tentang perniagaan yang dapat menyelamatkan kita dari azab pedih. 

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا هَلْ اَدُلُّكُمْ عَلٰى تِجَارَةٍ تُنْجِيْكُمْ مِّنْ عَذَابٍ اَلِيْمٍ

Wahai orang-orang yang beriman, maukah kamu Aku tunjukkan suatu perdagangan yang (dapat) menyelamatkan kamu dari azab yang pedih?

تُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَتُجَاهِدُوْنَ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ بِاَمْوَالِكُمْ وَاَنْفُسِكُمْۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَۙ 

(Caranya) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

يَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَيُدْخِلْكُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ وَمَسٰكِنَ طَيِّبَةً فِيْ جَنّٰتِ عَدْنٍۗ ذٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيْمُۙ 

(Jika kamu beriman dan berjihad,) niscaya Allah mengampuni dosa-dosamu dan memasukkanmu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai dan ke tempat-tempat tinggal yang baik di dalam surga ‘Adn. Itulah kemenangan yang agung.

Berdasarkan ayat-ayat diatas, bahwa perniagaan ytang dapat menyelamatkan dari azab yang pedih adalah:

  1. Beriman kepada Allah dan Rasulnya, (mengimani Rukun Iman)
  2. Beramal shaleh secara ikhlas
  3. Berjihad, dalam hal ini ditekankan terkait komitmen meluangkan waktu untuk berdakwah

Sedangkan Syahlan Ramadhan dalam sambutannya sebagai Ketua PDPM Bantul, menekankan bahwa musyawarah bukan yang penting ganti kepengurusan pimpinan, namun bagaimana pimpinan dalam satu periode kedepannya.

Salah satu agenda dalam Musycab adalah menentukan Ketua dan Sekretaris untuk periode selanjutnya. Setelah melalui beberapa rangkaian acara seperti pembacaan LPJ, sidang komisi, dan pemilihan formatur, para formatur terpilih bermusyawarah dan Alhamdulillah berdasarkan musyawarah tersebut diputuskan:

  • Ketua PCPM Banguntapan Utara: Fajrul Islamy
  • Sekretaris PCPM Banguntapan Utara: Ahmad Rauf
  • Bendahara PCPM Banguntapan Utara: Isnaini Budi Pratama
  • Ketua PCNA Banguntapan Utara: Ratna Setyowati
  • Sekretaris PCNA Banguntapan Utara: Miftahurrahma Rosyda

Selamat dan sukses mengemban amanah dakwah

0 Comments